Cara Aman Mengganti Velg dan Ban Mobil

Apakah kamu senang memodifikasi mobil? Jika iya, tentu salah satu modifikasi yang banyak dilakukan adalah pada velg dan ban mobil tersebut. Selain untuk menambah estetika dari mobil tersebut, tentunya akan menambah kepercayaan diri dari si pemilik mobil tersebut. Apalagi jika pemilihan velg dan ban benar-benar sesuai dengan karakter pemilik, maka mobil akan terlihat lebih keren dan kamu akan jauh lebih yakin untuk berkendara ke mana pun.

Sayangnya, masih banyak orang mengganti velg dan ban mobil dengan tidak menghiraukan panduan dan langkah-langkah yang tepat. Kebanyakan dari mereka hanya asal memilih velg dan ban tanpa menyesuaikan ukuran dan jenis yang sesuai dengan kondisi mobil. Padahal, apabila hal semacam ini diabaikan maka akan mengakibatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang bahkan bisa saja berakibat fatal bagi keselamatanmu.

Tips Mengganti Velg Mobil

Mengganti velg mobil memang seharusnya tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang memang musti diperhatikan dengan seksama supaya kendaraanmu lebih aman dan nyaman saat digunakan, baik dari bahan, model, hingga hal-hal yang berkaitan dengan kualitas dari velg itu sendiri. Adapun hal-hal yang perlu dipertimbangkan adalah seperti berikut.

  • Bahan dan desain velg

Bagi kamu yang ingin mencari velg dan menggantinya, sebaiknya pilih velg yang lebih ringan namun memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat. Selain itu, desain dan model juga musti diperhatikan dengan baik sehingga sesuai dengan kebutuhanmu, apakah hanya sekadar mempercantik mobil atau untuk touring. Adapun model velg sebaiknya dapat dicari sesuai dengan fungsinya, baik yang berbentuk satu bagian (one piece) yang lebih berat atau tiga bagian (three pieces) yang lebih ringan dan dapat diganti jika salah satu komponennya rusak.

  • Ukuran yang disesuaikan dengan ban

Dengan memperhatikan aspek rasio dan ketebalan ban, kamu bisa menyesuaikan dengan diameter luar ban tersebut. Sebisa mungkin, diameter luar ban haruslah tetap disamakan kendati ukuran velg diubah menjadi lebih besar. Idealnya, ukuran velg sebaiknya naik 2 inci dari ukuran standar. Dengan begitu, ban yang digunakan akan lebih nyaman sesuai dengan standar dan kamu juga tidak perlu repot melakukan kalibrasi ulang speedometer mobil.

Mengganti Ban Mobil dengan Tepat

Penggantian ban juga perlu dilakukan dengan seksama sehingga akan menimbulkan kesan aman dan nyaman saat digunakan. Terlebih pada saat akan membeli, biasanya kamu akan diberikan beberapa pilihan harga, merek, hingga ukuran dari ban tersebut. Oleh karenanya, sebaiknya pastikan kembali beberapa hal berikut sebelum kamu memutuskan memilih ban untuk menggantikan ban mobil lamamu.

  • Ban yang akan diganti sama dengan bawaan pabrikan

Pemilihan ban yang berbeda dengan bawaan pabrik biasanya tidak direkomendasikan karena dari spesifikasi sudah berbeda. Tentunya, kalkulasi atau penghitungan detail sudah dipertimbangkan saat akan mendesain mobil. Apabila diganti dengan ban yang jenisnya berbeda, maka akan menyebabkan risiko yang tinggi dan kenyamanan juga akan terganggu. Kamu juga tidak boleh asal tergiur dengan harga yang terlampau murah.

  • Mempertimbangkan ukuran dan kapasitas ban

Apabila susah memilih ban yang sesuai dengan pabrikan dan terpaksa memilih ban dengan merek lain, tentunya kamu perlu mempertimbangkan ukuran dengan saran satu tingkat lebih di atas. Kamu juga perlu mempertimbangkan kapasitas maksimal pengangkutan beban dan batasan kecepatan maksimal ban ketika digunakan berkendara. Dengan begitu, kamu tidak boleh sembarangan, bukan?

Penulis Aditia Novit

Share Button