Trik Kemudikan Mobil Matic dengan Irit Bahan Bakar

Saat ini mobil sudah banyak digunakan terutama bagi banyak orang di daerah perkotaan. Ada beberapa jenis mobil yang kerap digunakan, yakni yang memiliki transmisi manual dan otomatis alias mobil matic. Kemudahan yang diberikan oleh mobil matic tentunya membuat banyak orang memilih jenis mobil yang satu ini dibandingkan dengan kendaraan manual.

Meskipun demikian, masih banyak orang yang menganggap jika mobil matic lebih boros dibandingkan dengan mobil manual. Tidaklah mengherankan apabila kemudian kamu sebagai pengguna mobil matic perlu menyiapkan kocek yang lebih dalam untuk memenuhi kebutuhan bensin yang bisa mencapai 40-45 persen dari biaya mobil secara keseluruhan. Lantas, apakah bisa memenuhi kebutuhan mobilitas dengan kendaraan matic ini namun dengan biaya yang jauh lebih murah?

Kendarai Mobil Matic yang Irit Bensin

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat lebih menghemat bahan bakar meskipun menggunakan mobil dengan transisi otomatis. Yang pertama, misalnya memainkan pedal gas secara perlahan terutama pada saat kamu akan menambah kecepatan. Hal ini bertujuan untuk membuat aliran dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih ringan dan tidak terkesan deras. Gas yang diinjak terlalu dalam tentunya akan menambah daya dan tenaga yang banyak sehingga akan membuat bensin menjadi boros.

Di luar itu, ada beberapa hal lain yang juga bisa menjadi perhatian dan pertimbangan dalam mengendarai mobil matic tersebut. Hal-hal berikut adalah sejumlah cara yang mudah dan terkesan sederhana untuk dilakukan sehingga bisa lebih menyesuaikan diri dengan teknik mengemudi yang lebih baik. Apa sajakah itu? Berikut beberapa poin pentingnya.

Tidak Sering Menginjak Rem

Keseringan menginjak pedal rem pada mobil yang memiliki transmisi otomatis ternyata dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar. Sayangnya, ada beberapa kondisi di mana kita harus menginjak rem secara cepat dan tiba-tiba. Disarankan hal ini tidak serta merta selalu dilakukan, oleh karenanya akan lebih baik jika kamu lebih konstan dalam mengatur kecepatan saat berkendara. Janganlah terlalu cepat ataupun terlalu lambat supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mengerem mendadak karena terlalu cepat mengendarai mobil.

Mengatur Tekanan Ban

Ban mobil adalah hal yang cukup penting bagi jalannya sebuah kendaraan. Dengan tekanan yang cukup dan memadai, tentunya akan lebih efisien dan hemat bahan bakar. Ban yang tekanannya kurang dari standar akan membuat mesin mobil menjadi lebih keras bekerja sehingga bahan bakar yang dibutuhkan menjadi lebih banyak lagi. Namun, jangan pula mengatur tekanan ban terlalu tinggi karena juga akan berisiko terhadap kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Isi Bensin Ketika Mesin Dingin

Mengisi bahan bakar memang penting bagi setiap pengendara karena tanpa adanya bahan bakar yang memadai, maka mobil tidak akan bisa dijalankan secara maksimal. Apabila kamu menggunakan mobil dengan transmisi otomatis, ada baiknya jika kamu melakukan pengisian bahan bakar pada saat mesin dalam kondisi yang dingin. Apabila kamu mengisi bensin sewaktu mesin mobil dalam keadaan panas, maka cairan bensin tersebut akan mudah memuai sehingga akan berakibat pada kebutuhan bensin yang lebih banyak. Semakin banyak bensin yang dibutuhkan, maka semakin banyak pula budget yang musti kamu siapkan. Jadi, pastikan kamu mempertimbangkan hal tersebut supaya lebih hemat, ya!

Perpindahan Transmisi Kecepatan Mobil

Salah satu hal yang sebaiknya diperhatikan apabila ingin menghemat bensin pada penggunaan kendaraan mobil matic adalah transmisi pada kendaraan tersebut. Konsumsi bensin menjadi tidak efisien apabila mobil yang memiliki transmisi otomatis ini bertahan pada gigi yang lebih rendah. Hanya saja, sebaiknya kamu memindahkan transmisi lebih awal apabila sudah mencapai kecepatan standar, sekitar 50 km/jam. Jika kamu sudah berada pada gigi transmisi yang lebih tinggi, kamu bisa mulai mempercepat kendaraan secara perlahan sehingga tidak banyak memakan konsumsi bahan bakar.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan bagaimana mengendarai mobil matic dengan mempertimbangkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Kamu bisa mencoba beberapa tips di atas supaya lebih menghemat pengeluaran akibat penggunaan bensin yang terlalu boros. Nah, semoga bermanfaat!

Share Button