Tips Perawatan Komponen Mobil Supaya Berumur Panjang

Merawat mobil merupakan suatu tanggung jawab yang harus dilakukan oleh para pemilik kendaraan roda empat ini. Tujuannya jelas, yakni supaya mesin dan komponen kendaraan tetap optimal. Contohnya saja pada velg mobil. Jika kamu harus mengganti velg mobil murah saat melakukan perawatan, tentunya tidak boleh serta merta memilih velg yang murahan tanpa disertai kualitas terbaik karena dapat mengakibatkan risiko tinggi seperti gampang lepas hingga mudah rusak meskipun baru saja diganti.

Pemilik mobil yang merawat kendaraannya secara rutin tentunya akan mendapatkan hasil komponen yang lebih berumur panjang. Artinya, komponen tersebut akan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak perlu mengalami kerusakan parah. Ada sejumlah hal yang tentunya musti dilakukan dalam melakukan perawatan mobil ini. Berikut sejumlah ulasan contohnya.

Rutin Mencuci Mobil

Mencuci mobil sejatinya merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan, namun tidak semua orang ternyata menyukainya. Tidak jarang, mereka membawanya ke bengkel khusus untuk mencuci mobilnya. Apapun metode dan cara pencuciannya, tentu saja dapat kamu lakukan secara rutin sehingga mobil akan terhindar dari kotoran ataupun kerak yang dapat mengganggu penampilan dan mengakibatkan kerusakan. Namun sebaiknya, bagian dalam mesin jangan terlalu banyak kena air sabun supaya mesin tidak cepat berkerak karena noda yang mengering dan sulit dibersihkan.

Mencuci mobil sebaiknya juga dilakukan ketika mesin sedang dalam kondisi yang dingin. Apabila kamu ingin mencuci mobil setelah dipakai, ada baiknya kamu menunggu sekitar 30-45 menit terlebih dahulu. Mesin yang terlalu panas kemudian terkena air tentunya dapat menimbulkan masalah yang serius, seperti cepat aus atau bahkan bisa saja menyebabkan konslet. Bahkan jika mobil dalam keadaan panas juga akan berakibat buruk jika kamu terkena bagian mesin yang panas tersebut. Selain luka bakar yang bisa menjadi serius, bisa saja komponen tersebut malah akan rusak dan harus diganti kembali.

Cek Berkala Komponen Mobil

Pengecekan secara rutin dan berkala akan membuat keadaan mobil menjadi lebih mudah dioperasikan. Selain itu, pengeluaran juga lebih hemat karena kamu tidak perlu langsung mengeluarkan kocek dalam pada satu kali perbaikan. Tentunya, pengecekan harus dilakukan luar dalam, baik dari eksterior mobil hingga interiornya. Pengecekan di luar mobil bisa dilihat dari keadaan bodi apakah ada kemungkinan penggantian velg mobil murah, adanya bagian yang lecet, peyok, dan sebagainya. Keadaan dalam mobil juga perlu diperhatikan, baik dari kondisi air conditioner, pintu, jendela, dan lain-lain supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apabila kamu merasa kurang yakin untuk mengecek komponen mobil secara mandiri, kamu bisa membawanya ke bengkel terdekat. Namun sebaiknya, sebagai pemilik kendaraan kamu juga musti punya pengetahuan yang mendasar mengenai komponen mobilmu tersebut. Hal-hal sederhana seperti suara mesin mobil, kelancaran aliran bensin, hingga yang berkaitan dengan pedal dan rem tentunya menjadi pengetahuan mendasar yang perlu kamu tahu supaya jika terjadi kendala dapat segera diketahui penyebabnya. Selain itu, akan menghemat ongkos pengecekan dan perbaikannya juga bukan?

Ban, Oli, dan Penggantian Komponen

Salah satu perawatan mendasar yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengecek bagaimana keadaan ban dan oli yang ada dalam mobilmu tersebut. Tekanan ban dapat dicek setiap bulan atau pada saat akan melakukan perjalanan jauh. Adapun berapa tekanan yang disesuaikan tentunya harus sama seperti yang sudah disarankan oleh pabrikan. Jangan lupa juga untuk senantiasa mengisi tekanan ban cadangan dengan besaran yang sama supaya jika pada saat terjadi sesuatu dapat diganti dengan tipe yang sama. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi ban apakah ada sesuatu yang dapat mengakibatkan kecelakaan seperti kerikil atau bahkan paku yang tertancap.

Mesin-mesin mobil dan kondisi oli juga hendaknya mendapatkan perhatian khusus. Apabila memang sudah tidak layak, kamu bisa menggantinya dengan komponen yang lebih baik. Kamu juga perlu mengganti oli secara rutin supaya mesin tidak bekerja dengan begitu keras sehingga cepat aus dan malah menimbulkan risiko besar. Selain dari oli mesin, oli transmisi juga penting lho. Meskipun tidak semua mobil mewajibkan kita untuk mengganti oli transmisi, namun pengontrolan juga perlu dilakukan secara berkala. Jangan lupa juga bagian rem supaya tidak terjadi kebocoran atau blong.

Mengganti komponen pada mobil juga menjadi salah satu cara merawat yang lazim dilakukan, terutama apabila komponen tersebut mengalami kerusakan. Misalnya saja pada bagian velg di mana sering kali terbentur atau adanya baret yang sangat mengganggu. Nah, penggantian velg mobil murah dapat menjadi solusi buatmu dalam memperbaiki kerusakan tersebut. Tentunya, selalu pastikan kualitasnya terjamin, baik dari bentuk fisik maupun cara pemasangannya. Jadi, mobilmu akan terlihat lebih keren lagi dan dapat berumur panjang, bukan?

Share Button