Cara Merawat Ban Mobil Ketika Musim Hujan

Cara Merawat Ban Mobil

Cara Merawat Ban Mobil – Saat ini masih banyak orang yang menganggap remeh dan kecil akan kondisi dan kualitas ban mobil nya sendiri. Padahal, untuk menghasilkan kinerja mobil yang maksimal maka kondisi ban juga perlu diperhatikan secara rutin. Karena memang ban mobil adalah satu-satunya komponen pada sebuah mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Maka dari itulah alasan kenapa mobil ban mobil juga perlu dilakukan perawatan secara berkala.

Terlebih, dimusim hujan seperti saat ini yang memaksa untuk kamu sebagai pemilik mobil ekstra menjaga kondisi ban. Karena apabila ban mobil sedang tidak dalam kondisi yang maksimal, maka akan mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau hal lainnya.

Cara Merawat Ban Mobil

Maka dari itu, untuk kamu pemilik mobil yang belum mengetahui tips dan cara merawat ban di musim hujan saat ini. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya yang bisa kamu simak di bawah ini :

Jaga Tekanan Udara Pada Ban

Cara merawat ban mobil ketika musim hujan yang pertama adalah kamu perlu memperhatikan dan menjaga tekanan angin pada ban. Kekurangan tekanan angin akan mengakibatkan keausan pada sisi luar telapak ban. Selain itu, kekurangan angin akan menghasilkan panas berlebih dan akan mengurangi daya tahan ban itu sendiri.

Dan apabila ban mobil kelebihan angin, maka akan menyebabkan proses distribusi berat menjadi tidak rata di dalam kendaraan. Sehingga apabila hal tersebut terjadi akan kenyebabkan kerusakan lebih cepat dan keausan yang tidak merata, dan tentu saja akan memperpendek umur ban itu sendiri.

Lakukan Balancing Ban Mobil

Langkah yang kedua adalah dengan melakukan balancing pada ban mobil kamu. Dengan kondisi ban mobil yang seimbang dengan kendaraan, maka hal tersebut tentu saja akan memperpanjang umur pakai dari ban itu sendiri.

Periksa Ban Mobil Secara Visual

Langkah ketiga adalah lakukan pemeriksaan pada bagian tapak ban secara langsung dengan kasat mata. Apakah ada benda tajam yang menusuk ban atau beberapa kerikil tajam yang terselip pada ban. Jika ada, maka segera keluarkan dengan hati-hati.

Lakukan Perbaikan Segera

Langkah keempat adalah dengan melakukan perbaikan secara langsung. Mengetahui kapan ban perlu diperbaiki dan juga harus diganti adalah hal yang sangat penting. Apabila ban kehilangan tekanan udaranya, maka ban perlu dikeluarkan terlebih dahulu dari roda untuk dilakukan pemeriksaan internal secara lengkap hingga bisa dipastikan ban tersebut tidak mengalami kerusakan.

Beli Ban Berkualitas

Langkah terkahir yang bisa kamu lakukan untuk merawat ban mobil ketika musim hujan adalah dengan melakukan pembelian ban yang terbukti kualitasnya. Dengan membeli ban berkualitas, maka ban akan awet dan nyaman untuk digunakan di berbagai medan jalanan.

Dan itu dia cara merawat ban mobil ketika musim hujan yang bisa kamu ikuti dan pahami. Lakukan langkah demi langkah dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Share Button