Bahaya Menggoyangkan Mobil Saat Isi Bensin

Pernah mengetahui atau bahkan mengalami sendiri bagaimana menggoyang-goyangkan mobil saat mengisi bahan bakar? Sudah banyak lho yang melakukan hal tersebut, padahal sebenarnya menggoyangkan mobil saat mengisi bahan bakar bukanlah solusi yang tepat apabila ingin membuat tangki bensin menjadi penuh secara cepat. Selain itu, hal ini dipercaya juga akan membuat bensin yang masuk menjadi rata karena udara yang masih tersisa akan cepat keluar dengan cara menggoyang mobil.

Bahaya dan Risiko Menggoyangkan Mobil

Pada prinsipnya menggoyangkan mobil pada saat mengisi bahan bakar bukanlah suatu solusi yang tepat. Menggoyang-goyangkan mobil pada saat mengisi bensin boleh jadi merupakan mitos dan kebiasaan zaman dahulu yang harusnya ditinggalkan. Alih-alih memaksimalkan pengisian bensin ke dalam tangki kendaraan, justru cara menggoyangkan mobil pada saat melakukan pengisian bahan bakar akan sangat membahayakan pengguna ataupun kendaraan tersebut. Wah, bahaya seperti apa yang dimaksud? Berikut beberapa poin penting yang perlu kamu cermati dengan sungguh-sungguh

  • Risiko kebakaran hebat pada kendaraan

Apabila kamu terbiasa menggoyangkan mobil pada saat mengisi bensin, hal ini tentu saja akan menimbulkan risiko yang tidak kecil akibatnya. Salah satunya, yakni kebakaran yang dapat terjadi pada kendaraan bahkan pada tempat pengisian bahan bakar tersebut. Hal ini dapat terjadi karena adanya gesekan ujung nozel pengisian bensin dengan lubang bahan bakar. Gesekan ini akan memicu terjadinya listrik status yang akan menimbulkan api. Bahkan, kebakaran juga dapat terjadi apabila ada bensin yang mengalir keluar dari tangki bensin kemudian menyambar sesuatu yang dapat menimbulkan kebakaran.

  • Merusak lapisan cat pada permukaan mobil

Apabila mobilmu digoyang-goyangkan pada saat mengisi bahan bakar, maka bensin akan berisiko keluar dari corong pengisian dengan mudah. Melubernya bensin ini akan senantiasa mengalir ke permukaan mobil sehingga akan menimbulkan reaksi kimia yang akan merusak lapisan tersebut apabila dibiarkan atau terjadi berulang kali. Dengan begitu, penampilan mobilmu akan menjadi belang karena pengelupasan cat tersebut. Selain akan membuat penampilan mobil menjadi tidak keren lagi, kamu juga perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk kemudian mengecat ulang kendaraanmu itu.

  • Menimbulkan kerusakan dispenser pengisian bensin

Dispenser adalah sebutan untuk kotak pengisian bahan bakar yang terdapat di dalam SPBU. Apabila kamu menggoyangkan mobil pada saat melakukan pengisian bensin, bukan berarti tidak akan riskan. Selang yang terdapat pada dispenser bensin bisa saja lepas dan malah menimbulkan masalah yang sangat besar, terutama yang berkaitan dengan meledaknya dispenser tersebut sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran hebat. Bukan saja kerugian material yang akan ditimbulkan, namun juga kemungkinan terburuk nyawa-lah yang akan menjadi taruhannya.

Fakta Pengisian Bahan Bakar

Meminimalisir risiko saat mengisi bahan bakar dapat dilakukan secara mudah. Apalagi jika melihat fakta bahwa mekanisme pengisian bensin sangatlah sederhana. Seperti yang sudah diketahui, posisi tangki mobil sejatinya lebih rendah daripada corong pengisian yang ada di SPBU. Selain itu, sifat bensin yang merupakan benda cair tentunya akan sangat mudah mengalir dan mengisi ruangan yang kosong pada tangki. Hal inilah yang seharusnya dapat membuatmu menghindari pengisian bensin sambil menggoyang-goyangkan mobil.

Itulah beberapa hal yang harus menjadi perhatian supaya bahaya menggoyangkan mobil saat pengisian bensin dapat kamu hindari. Selain memang tidak berguna, tentunya akan menimbulkan bahaya yang besar. Nah, setelah mengetahui bahayanya, maka jangan melakukan hal tersebut ya!

Penulis : Aljuni Hirossie

Share Button