Alas Kaki yang Aman Saat Menyetir Mobil

Rasa nyaman dan aman saat mengemudi tentunya bukan hanya sekadar bagaimana keadaan mobil yang tengah digunakan serta berbagai wawasan mengenai cara berkendara yang baik. Setiap pengemudi harus memiliki rasa nyaman saat mengendarai mobilnya, salah satunya dari segi pemilihan alas kaki. Faktanya, lebih dari 20% pengendara mobil tidak memilih alas kaki yang benar pada saat akan memacu kendaraannya tersebut. Hal ini tentu saja akan menimbulkan risiko yang sangat besar, bahkan membahayakan dirinya serta orang lain.

Risiko Salah Memilih Alas Kaki

Memilih alas kaki pada saat akan berkendara merupakan hal yang sangat penting. Ada berbagai risiko yang bisa saja terjadi apabila kamu tidak memilih alas kaki yang tepat. Risiko ini bisa langsung kamu alami atau bahkan dapat terjadi pada jangka waktu yang lama. Bahkan ujung-ujungnya, kecelakaan fatal dapat terjadi apabila kamu salah memilih alas kaki. Risiko dan bahaya seperti apakah itu?

  • Telapak kaki akan terasa panas

Tanpa menggunakan alas kaki yang nyaman, sistem saraf dari kaki akan bekerja lebih ekstra untuk dapat memberikan rasa aman buatmu saat berkendara. Selain itu, alas kaki yang salah akan berdampak pada kondisi otot kaki yang cepat lelah dan menimbulkan sensasi panas. Kondisi tersebut tentunya sangat berbahaya karena menjadikan kamu kehilangan fokus dan tidak merasa nyaman saat menyetir.

  • Gangguan kesehatan pada kaki

Selain merasa kepanasan, kaki dapat mengalami gangguan seperti mudah lelah dan kesemutan, hingga risiko berkeringat dan gatal-gatal yang sangat mengganggu konsentrasi. Mengabaikan alas kaki yang nyaman saat berkendara jelas akan membuat aliran darah menjadi kurang lancar sehingga menyebabkan rasa pegal dan kesemutan menjadi terasa. Bahkan, kaki juga dapat menjadi lebih mudah berkeringat jika alas kaki yang dipakai memiliki bahan yang tidak nyaman dan cepat panas. Risikonya, tentu saja akan membuyarkan konsentrasi dan pada akhirnya menyebabkan kecelakaan.

Jangan Nyeker Saat Menyetir

Sering kali, pilihan nyeker alias tidak memakai alas kaki menjadi pilihan sebagian pengendara pada saat akan menyetir mobilnya. Selain dirasa lebih bebas, banyak di antara mereka menyatakan jika pilihan membuka alas kaki akan memberikan tekanan yang lebih mantap pada saat menginjak pedal. Faktanya, berkendara tanpa menggunakan alas kaki akan senantiasa berbahaya bagi si pengemudi itu sendiri apalagi jika kakimu licin karena dapat menyebabkan slip pada permukaan kaki dan pedal. Salah injak pedal, tentu saja akan sangat berbahaya.

Apabila kamu cukup terbiasa dengan keadaan kaki yang telanjang saat menyetir mobil, segera buang kebiasaan buruk tersebut ya! Sudah banyak kasus kecelakaan terjadi karena orang-orang tidak memakai alas kaki yang proper dan aman. Kamu musti benar-benar memilih alas kaki yang tepat sehingga terhindar dari hal-hal yang merugikan.

Tips Memilih Alas Kaki untuk Menyetir

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, memilih alas kaki yang tepat adalah sebuah keharusan bagi siapa pun yang akan mengendarai dan menyetir mobil. Jangan sampai risiko kecelakaan akan semakin mudah terjadi karena adanya kesalahan pemilihan alas kaki tersebut. Adapun beberapa saran dan tips yang perlu kamu lakukan dalam memilih alas kaki untuk berkendara adalah sebagai berikut.

  • Pilih permukaan alas yang rata dan tidak licin

Permukaan alas kaki yang rata akan mengurangi risiko terjadinya slip. Oleh karena itu, sangat penting buatmu untuk tidak memilih alas kaki seperti high-heels atau sepatu hak tinggi lainnya. Selain itu, jangan pula memilih alas kaki yang licin seperti sandal yang memiliki risiko permukaan licin. Apabila terjadi slip atau gesekan yang kurang pas, tentu saja akan menghilangkan fokus bahkan bisa menyebabkan kecelakaan fatal.

  • Memastikan sol alas kaki tidak terlampau tipis

Selain permukaan alas kaki yang rata dan tidak licin, sebaiknya pilih alas kaki yang memiliki sol tebal. Namun, jangan pula terlalu tebal supaya lebih nyaman. Sekitar 2 cm saja juga sudah cukup kok, yang penting jangan terlalu tipis supaya kakimu tidak merasa cepat panas akibat gesekan dengan mesin dan pedal. Kenyamanan sol akan sangat penting sehingga kamu merasa lebih aman saat menyetir.

  • Menutup semua bagian kaki

Salah satu saran yang penting diperhatikan adalah penggunaan alas kaki yang menutupi semua bagian kaki. Bagian yang dimaksud adalah dari mata kaki ke bawah. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah penggunaan sepatu. Selain menghindarkan kamu dari panasnya mesin dan gesekan pedal, sepatu yang digunakan juga akan menghindarkanmu dari risiko cedera dan kesemutan. Tentunya, pilihlah sepatu dengan tingkat kenyamanan yang tinggi dan mudah dipakai.

Itulah beberapa tips tentang mobil yang dapat kamu aplikasikan ketika akan memilih alas kaki saat berkendara. Selalu utamakan kenyamanan serta keselamatanmu dan orang lain ya. Semoga menginspirasi!

Share Button